Pembaharuan ruang dosen merupakan salah satu syarat untuk penilaian akreditasi.  Foto: Media Publica
Pembaharuan ruang dosen merupakan salah satu syarat untuk penilaian akreditasi.
Foto: Media Publica

Jakarta, Media Publica – Tepat memasuki semester genap tahun ini, Fikom UPDM (B) telah melakukan berbagai perubahan, salah satunya adalah perbaikan ruang dosen. Hal ini dilakukan guna menunjang penilaian akreditasi baru yang akan berakhir pada Oktober 2013 mendatang. Dengan perbaikan ini ruang berukuran 4×3 meter ini, terlihat berbagai sekat yang akan digunakan oleh dosen dengan penerapan sistem shift nantinya. Namun, apakah perubahan ini mampu menunjang kenyamanan bagi mahasiswa? Dan apakah perubahan ini efektif? Beberapa mahasiswa pun angkat bicara mengenai konbdisi ruang dosen yang baru.

 

Dasa Caesar Pratama, Mahasiswa Fikom 2009

Gue lihat pertama agak kaget ya, beneran ini kayak kantor. Sebelumnya kan cuma ada meja dan kursi lebih kayak ruang tunggu sebenarnya, nggak layak juga buat dosen. Sekarang lebih ada privasi dan layak. Kalau buat dosen mungkin lebih nyaman, tapi buat mahasiswa agak lebih bingung. Jadi kalau mau lihat itu harus nengokin satu-satu, ada nggak nih dosennya ketimbang kemarin buka pintu langsung kelihatan. Tapi menurut gue nggak menganggu kenyamanan sih.      

 

Diana Inayah, Mahasiswa Fikom 2012

Kalau menurut aku lebih bagus, soalnya kan disekat-sekat gitu jadi ada privasi yang nggak ketahuan sama orang lain juga dan kerjanya jadi lebih baik. Nggak kok, menurut aku nggak ngganggu, bagus-bagus aja, kan kelihatannya biar lebih rapi gitu.

 

Johannes Adi Pratama, Mahasiswa Fikom 2010

Secara tampilan baik, tapi ingat kita punya ruangan yang kecil. Menurut saya jadi tidak efektif, kenapa? karena ketika mahasiswa yang kurang berkontribusi ke kampus atau jarang, pasti kaget dan kurang mengenali ini ruangan siapa, ini tempat siapa, jadi mencari dosen itu juga sulit. Dengan perubahan ini juga tidak menambah keaktifan dosen di kampus. Memang menunjang akreditasi tapi harus diakui ruangan itu sempit, mau sebagus apapun didesain tetap saja sempit, tetapi kalau mau bagus lebih baik diperbesar.

 

Randy A. Louhenapessy, Mahasiswa Fikom 2011

Menurut gue sih penampilannya jadi agak kurang enak dilihat, biarpun sekarang tiap dosen ada tempat sendiri-sendiri. Terganggu sih nggak, cuma efektif atau tidaknya itu yang masih bingung. Soalnya kalo buat meningkatkan akreditasi, memang dengan menata ulang dan membuat ruang dosen jadi begitu ada efektifnya?

 

Ega Yulianti, Mahasiswa Fikom 2009

Menurut gue sih agak aneh, kayak warnet gitu. Buat dosennya juga terlalu minim ruang geraknya. Belum terlalu efektif, harusnya lebih diperluas lagi, nggak maksain direnovasi. Sebagai mahasiswa gue sih kurang nyaman karena terlalu sempit. Semoga ruangan itu nggak mengganggu aktifitas yang seharusnya dilakukan didalamnya.

Reporter: Desi Widiastuti

1,813 total views, 8 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.